Cara Memilih Menu Diet Karbohidrat yang Baik

Cara Memilih Menu Diet Karbohidrat yang Baik
Makanan yang mengandung karbohidrat.

Cara Memilih Menu Diet Karbohidrat yang Baik - Pemilihan menu diet karbohidrat yang tepat akan memperlancar program diet Anda. Bagaimana caranya?

Seperti yang kita ketahui karbohidrat merupakan sumber tenaga yang paling utama, apalagi kita di Indonesia. Makanan pokok kita sebagian besar merupakan sumber karbohidrat, jadi sangatlah gampang bagi kita untuk mendapatkan menu diet karbohidrat ini.

Masalahnya adalah, karbohidrat akan cepat membuat berat badan Anda bertambah jika Anda tidak bisa mengontrol konsumsinya, disamping itu Anda juga perlu mengetahui jenis karbohidrat mana yang baik serta yang buruk bagi tubuh Anda.
  • Untuk itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini agar bisa memilih jenis karbohidrat yang baik.
Perlu Anda tahu, ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat simpel dan karbohidrat kompleks
Karbohidrat simpel atau karbohidrat cepat serap merupakan jenis karbohidrat yang konsumsinya perlu extra hati-hati, karena jenis karbohidrat ini sangat cepat diserap tubuh sehingga kemungkinan besar tubuh tidak bisa memproses keseluruhan kalori dari karbohidrat ini. Akibatnya sisa kalori ini akan disimpan sebagai lemak.

Disamping itu karbohidrat simpel juga akan meningkatkan gula darah dengan cepat sehingga kalau Anda konsumsi terlalu sering maka dalam jangka panjang, bisa mengakibatkan diabetes tipe 2.
Tapi ada waktunya tubuh kita memerlukan karbohidrat simpel ini, yaitu saat selesai berolahraga. Tubuh memerlukan asupan energi yang bisa diserap dengan cepat untuk memulihkan tenaga sehabis berolahraga. Sumbernya bisa dari buah-buahan atau susu protein.

Karbohidrat kompleks atau karbohidrat lambat cerna merupakan jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh Anda. Karena karbohidrat jenis ini memerlukan waktu yang lebih lama untuk diserap tubuh, maka kemungkinan kalori yang tersisa untuk disimpan dalam sel lemak menjadi lebih sedikit.

Disamping itu karbohidrat jenis ini biasanya memiliki kandungan serat yang akan membantu sistem pencernaan Anda. Karena lambat diserap tubuh, maka karbohidrat ini akan memberikan asupan tenaga yang berkelanjutan sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Jadi jika saat ini  Anda sedang berdiet, pilihlah makanan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks. Apa saja jenis makanannya?

Sumber karbohidrat kompleks yang sering kita temui seperti: beras merah, gandum utuh, brokoli, ubi, wortel, kacang merah, kacang hitam, kacang kedelai dll.
  • Perhatikan porsi menu diet karbohidrat yang Anda konsumsi
Cara Memilih Menu Diet Karbohidrat yang Baik - Porsi karbohidrat yang Anda makan juga akan berpengaruh terhadap program diet Anda. Menurut Ade rai porsi karbohidrat yang kita  konsumsi ( nasi ) sebaiknya seukuran genggaman tangan kita per satu kali makan.

Dengan cara tersebut , Anda akan bisa mengontrol kalori secara cepat saat waktu makan Anda.
Saya juga menyarankan agar Anda makan dengan porsi kecil setiap 4 jam sekali dibandingkan dengan makan  dalam porsi besar 3 kali sehari.
  • Perhatikan waktu makan Anda
Karena karbohidrat ini sangat mudah disimpan oleh tubuh, maka Anda perlu memperhatikan jam makan Anda. Terutama waktu makan malam Anda.

Kita sering mendengar tentang aturan makan malam terakhir adalah jam 7 malam. Tapi menurut saya itu kurang tepat, karena waktu tidur kita berbeda-beda. Jadi lebih tepat jika waktu makan malam terakhir Anda adalah 3 jam sebelum tidur.

Dengan cara ini Anda memberikan waktu pada tubuh untuk mencerna makanan sebelum Anda tidur. Dan cara ini juga akan menghindarkan Anda dari penumpukan kalori yang berlebihan di malam hari.

Ok, itulah beberapa cara untuk memilih dan mengatur konsumsi menu diet karbohidrat yang bisa Anda terapkan dalam diet Anda. Jika Anda memilki saran atau tips lain yang berguna bagi pembaca yang lainnya, Anda bisa memberikannya melalui kolom komentar di bawah ini.

0 Response to Cara Memilih Menu Diet Karbohidrat yang Baik

Posting Komentar