Bahaya Akibat Makanan Kadaluarsa

Bahaya Akibat Makanan Kadaluarsa - Pengertian makanan kadaluarsa adalah makanan yang sudah habis atau lewat jangka waktunya untuk layak dikonsumsi dan apabila di konsumsi akan membahayakan bagi kesehatan.

Bahaya Akibat Makanan Kadaluarsa

Cara menentukan tanggal kadaluarsa makanan dapat dilakukan dengan menggunakan metode-metode tertentu. Penentuan batas kadaluarsa dilakukan untuk menuntukan umur simpanan (shelf life) produk. Penentuan umur simpanan didasarkan pada faktor-faktor mempengaruhi umur simpanan produk pangan. Faktor-faktor tersebut misalnya keadaan alamiah (sifat makanan), mekanisme berlangsungnya perubahan (misalnya kepekaan terhadap air dan oksigen), serta kemungkinan terjadinya perubahan kimia (internal dan eksternal). Faktor lain adalah ukuran kemasan (volume), kondisi atmosfer (terutama suhu dan kelembapan), serta daya tahan kemasan selama transit dan sebelum digunakan terhadap keluar masuknya air, gas, dan bau.

Pencantuman tanggal kadaluarsa pada kemasan produk makanan sangat penting dan wajib dilakukan oleh pihak produsen atau pelaku usaha, pencantuman tanggal tersebut harus jelas agar dapat dibaca oleh konsumen seperti penulisan "baik digunakan sebelum” /"best before". Karena apabila tidak ada ataupun tidak jelas tanggal kadaluarsa tersebut maka akan menimbulkan dampak bagi konsumen yang mengkonsumsi makanan tersebut. Dampak atau kerugian tersebut menyangkut diri konsumen misalnya saja sakit, cacat bahkan yang paling fatal adalah kematian dan juga kerugian materil.

Ciri-ciri Makanan Kadaluarsa

Selain mengenali makanan kadaluarsa dari tanggal kadaluarsa yang terdapat dalam kemasan, kita dapat mengetahui dari ciri-ciri sebagai berikut:

  • Rasa tidak sesuai dengan aslinya
  • Memiliki bau tidak sedap
  • Adanya jamur
  • Lengket serta berlendir
  • Sangat mudah hancur
  • Adanya belatung atau ulat
  • Warna dan bentuk berubah dari aslinya

Akibat Makanan Kadaluarsa

Efek samping akibat mengkonsumsi makanan kadaluarsa bagi kesehatan adalah mengalami keracunan. Keracunan adalah penyakit yang diakibatkan karena telah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Gejala-gejala umum dari keracunan yaitu: muntah, perut mulas, mual, sakit perut, diare dan terkadang juga disertai kulit yang kemerahan, kejang dan pingsan. Bahaya keracunan yang paling fatal bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Berikut penyakit yang di sebabkan oleh makanan kadaluarsa:

  • Sakit perut
  • Diare
  • Sembelit
  • Keracunan

Selain penyakit di atas, bahaya yang paling menakutkan adalah keracunan yang menyebakan kematian.

Bagaimana cara mengenali makanan kadaluarsa? Silahkan baca di sini: Cara Mudah Mengenal Makanan Kadarluarsa.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai bahaya akibat makanan kadaluarsa. Semoga bermanfaat.

0 Response to Bahaya Akibat Makanan Kadaluarsa

Posting Komentar