Baikkah Menggunakan Jus Buah untuk Diet?

Baikkah Menggunakan Jus Buah untuk Diet?
Jus buat memiliki efek yang buruk untuk diet.

Baikkah Menggunakan Jus Buah untuk Diet? - Sebelum Anda menggunakan jus buah untuk diet Anda, sebaiknya Anda memperhatikan fakta yang akan saya bagikan lewat artikel ini.

Seperti yang ditulis di Tribunnews.com:
Diet detoks adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi cairan, seperti jus buah atau sayuran, dan tentu saja dalam jumlah yang cukup. Sayangnya, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak disertai dengan kebutuhan gizi tubuh seperti protein dan lemak sehat.
Hasil dari diet ini memang menunjukkan perubahan dengan cepat. Tetapi efeknya tidak akan berlangsung lama. Jika selama satu minggu tubuh tidak mendapatkan protein dan asupan lemak kurang dari 1.000 kalori per hari, tentu saja, tubuh akan mengeluarkan reaksi yang cukup berbahaya.
 Untuk artikel selengkapnya bisa Anda baca disini.

Menurut saya penggunaan jus buah untuk diet sah-sah saja, asalkan diimbangi dengan asupan makanan bernutrisi lengkap.

Atau akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buah secara utuh. Mengapa saya kurang merekomendasikan jus buah?

Inilah beberapa alasannya :
  • Sistem pencernaan Anda memerlukan asupan serat yang cukup agar bisa bekerja dengan optimal. Dengan meminum jus buah, maka serat yang terkandung dalam buah akan hancur saat proses pemblenderan.
  • Anda akan sulit mengontrol kalori yang Anda konsumsi, karena dengan meminum jus Anda akan lebih cepat merasa lapar dibandingkan jika Anda mengkonsumsi buah secara utuh.
  • Anda juga akan menambahkan kalori dengan menambahkan gula pada jus buah itu. Ingat ” kalori cepat serap sangat tidak baik untuk tubuh Anda”.
Jika Anda masih bersikeras dan tetap ingin menggunakan jus buah dalam diet Anda, lihatlah artikel yang ditulis di Female.kompas.com:
Diet jus bisa merusak penampilan. Diet jus memang akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Hanya saja tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti kalsium, protein, vitamin D, lemak esensial, dan lain-lain yang menimbulkan efek buruk pada penampilan Anda. Menurut trichologist (ahli perawatan rambut), Philip Kingsley, melakukan diet jus selama beberapa minggu akan membuat rambut Anda rontok selama dua sampai tiga bulan kemudian.
“Jika tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan, maka metabolisme akan menurun dan memengaruhi tingkat produksi rambut,” jelasnya.
Selain masalah kerontokan rambut, ternyata diet jus ekstrim yang dilakukan dalam waktu lama akan membuat kulit menjadi kering. “Kulit menjadi kering karena tidak mendapatkan lemak esensial yang dibutuhkan. Dan lebih parahnya, bisa menimbulkan bercak eksim pada kulit karena fungsi kulit terganggu,” kata dermatolog Dr Sam Bunting.
 Untuk artikel selengkapnya bisa Anda baca disini.

Dengan begitu banyaknya efek yang buruk dari penggunaan jus buah untuk diet, maka sebaiknya Anda menghindarinya serta mencari alternatif diet yang baik dan sehat.

0 Response to Baikkah Menggunakan Jus Buah untuk Diet?

Posting Komentar