Waspada Makanan yang Membuat Gemuk!

Waspada Makanan yang Membuat Gemuk!
Wanita gemuk yang mengkonsumsi semua makanan.

Perlu Anda ketahui, makanan yg membuat gemuk tidak hanya makanan berlemak tetapi makanan yang tergolong sehat pun bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Apa saja makanan yg membuat gemuk itu?

Mari kita lihat satu persatu:
  • Buah kering
Buah kering mengandung kalori 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah segar. Ini dikarenakan buah kering sudah mengalami proses dehidrasi dan teksturnya menjadi lebih padat dan lebih kecil.

Sebagai perbandingan, satu cangkir buah anggur segar mengandung 60 kalori sedangkan satu cangkir buah anggur kering ( raisin ) mengandung 460 kalori, hampir 8x lipat banyaknya.
Belum lagi terjadinya penambahan pemanis atau perasa pada buah kering yang akan mengakibatkan bertambahnya jumlah kalori.
  • Burger vegetarian
Menghindari makan daging di burger mungkin saja akan mengurangi masuknya lemak ke tubuh Anda, tapi tanpa Anda sadari peneman yang Anda makan bersama burger itu akan memberikan tambahan kalori yang tentu saja akan disimpan sebagai lemak dalam tubuh.

Misalnya: kentang goreng, saus kecap, moyones, keju vegetarian, ditambah lagi minuman teh manis atau soft drink akan menyumbang kalori extra ke dalam tubuh Anda.
  • Jus
Ya, jus memang sehat untuk diminum, tapi jika saat ini Anda sedang mengontrol kalori, jus juga akan menjadi musuh Anda. Bayangkan saja 500 ml jus jeruk mengandung 55 gram karbohidrat setara dengan 5 potong roti tawar.

Meskipun jus jeruk banyak mengandung Vitamin C, tapi dengan kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi serta sedikit serat dan protein membuat jus ini tidak bagus untuk diet Anda.

Saya juga menulis tentang pro kontra jus buah di artikel Baikkah menggunakan jus buah untuk diet?
  • Makanan diet dalam kaleng
Makanan diet yang dikemas dalam kaleng atau kemasan lainnya memudahkan Anda untuk memasaknya, hanya perlu beberapa menit untuk memasaknya di microwave. Tapi tahukah Anda, meskipun makanan tersebut rendah kalori dan lemak tapi biasanya mengandung sodium yang tinggi.
Zat ini ditambahkan untuk memberikan rasa yang lebih enak dan gurih pada makanan tersebut, akibatnya sodium akan menyebabkan tubuh Anda menyimpan air sehingga berat badan Anda pun bertambah.
  • Salad
Mengapa salad termasuk makanan yg membuat gemuk?
Jika Anda makan salad murni , itu tidak akan menjadi masalah bagi berat badan Anda. Masalahnya adalah salad murni rasanya kurang enak, jadi Anda menambahkan dressing seperti, mayones, saus tomat, keju parut, crouton, sosis dsb.

Itulah yang akan mengakibatkan badan Anda bertambah gemuk, ditambah lagi dengan pemikiran bahwa Anda sudah melakukan diet sehat dengan makan salad, jadi Anda tidak mengontrol porsi makan Anda dan akhirnya berat badan Anda semakin bertambah.
  • Sushi roll
Sayuran dan rumput laut pada suhsi memang rendah kalori dan lemak, tapi kebanyakan dari suhsi akan diisi dengan cream chesse atau mayo dan isi di dalamnya bisa saja tempura.
Perkiraanya 1 standar roll suhsi seperti diatas mengandung 500 sampai 600 kalori, bayangkan jika Anda makan 2 sampai 3 roll. Disamping itu soya saus juga akan memberikan sodium extra kepada tubuh Anda.

Meskipun sodium tidak menambah lemak secara langsung, tapi dengan lebih banyak air yg tertahan dlm tubuh Anda maka tentu saja ukuran celana Anda juga akan bertambah.

Anda tidak menyangka kan, makanan yg membuat gemuk ternyata makanan yang kita anggap sehat selama ini. Jika artikel ini berguna, Anda bisa membagikannya kepada  teman atau saudara Anda dengan mengklik tombol share di bawah.

0 Response to Waspada Makanan yang Membuat Gemuk!

Posting Komentar