Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang menjadi jendela dunia, hal ini tentu saja menjadi salah satu fokus orangtua terutama bunda untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Memiliki mata yang jernih memang menjadi salah satu tanda umum anak memiliki asupan gizi yang baik. Olehkarenanya, untuk menjaga penglihatan mata tetap sehat, perlunya bunda untuk melakukan perawatan dengan memberikan asupan makanan yang bergizi pada setiap harinya.



Selain itu hindarkan pula buah hati dari berbagai macam kebiasaan buruk yang mana dapat mengganggu kesehatan matanya. Nah untuk beberapa diantaranya adalah bisa dengan melakukan beberapa langkah mudah menjaga kesehatan mata berikut ini.

Posisi membaca yang benar
Langkah mudah menjaga kesehatan mata yang pertama adalah memperhatikan posisi membaca. Nah jika si kecil membaca buku sambil  tiduran hal ini dapat membuat matanya menjadi cepat lelah dan membuat kemampuannya menjadi berkurang. Sebaiknya ajaklah buah hati untuk bisa membiasakan diri membaca atau pun belajar sambil duduk dengan posisi yang tegap dan baik. Selain itu atur pula jarak pandangnya agar tidak terlalu dekat jaraknya dengan buku ketika membaca.

Penerangan yang cukup
Sebaiknya periksalah secara rutin penerangan di ruangan tempat si kecil biasa membaca atau belajar. Nah jika penerangan di ruangan tersebut mulai redup,  cobalah untuk menggantinya menjadi lebih terang. Dengan penerangan yang cukup, akan dapat melancarkan proses belajar serta dapat membantu kesehatan matanya tidak mudah terlalu letih ketika membaca.

Jangan mengucek mata
Langkah mudah menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah memperhatikan aktivitas mengucek mata. Aktivitas yang satu ini juga seringkali dilakukan apabila mata tiba – tiba merasa gatal. Walaupun begitu, mengucek mata menjadi salah satu hal yang kurang dianjurkan karena hal ini dapat mengganggu kesehatan mata itu sendiri. Sebaiknya disarankan untuk bunda bisa memberikan obat tetes mata pada si kecil untuk menghilangkan penyebab masalah gatal pada mata seperti halnya karena kotoran yang menempel pada mata.

Kurangi kegiatan menonton TV
Nah jika terlalu lama melihat layar TV atau memandangi layar gadget juga dapat membuat mata menjadi lebih mudah lelah dan kering. Hal ini dikarenakan mata menjadi terlalu fokus ketika memandang layar dan jarang melakukan kedip. Selainitu, terlalu lama melihat layar juga akan dapat mengurangi tingkat ketajaman pada mata itu sendiri.

Nah itulah langkah mudah menjaga kesehatan mata yang sebaiknya perlu diperhatikan oleh para orangtua untuk menjaga kesehatan penglihatan buah hati agar senantiasa terjaga dengan baik dan terhindar dari berbagai macam gangguan mata. Jadi cobalah untuk menerapkan beberapa langkah baik tersebut. selain itu jangan lupa mendukung kesehatan mata dengan memberikan asupan nutrisi yang baik pada buah hati sejak dini. Semoga bermanfaat.

www.ruthjetti.com

0 Response to Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Mata

Posting Komentar