3 Ciri Utama Madu Asli Yang Harus Anda Ketahui

Madu telah menjadi primadona sebagai salah satu pengobatan alternatif dan kecantikan di Indonesia. Namun tidak semua madu yang beredar adalah madu asli. Ada beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri madu asli atau tidak. Madu sendiri adalah bentuk liquid yang dihasilkan oleh serangga yang biasa kita sebut dengan nama lebah. Lebah sendiri ada berbagai macam spesies dan jenisnya yang hidup di Indonesia. Tidak semua lebah menghasilkan madu, bahkan ada beberapa spesies lebah adalah jenis lebah pembunuh ataupun juga lebah kanibal. Madu yang biasanya orang kenal dihasilkan oleh lebah madu. Lebah ini merupakan jenis yang dapat di budidayakan dan sangat bersahabat dengan manusia.

Ciri Utama Madu Asli

Untuk mengetahui ciri-ciri madu asli bukanlah hal yang mudah. Jenis madu sendiri terdiri dari berbagai macam jenis dan ragam madu. Biasanya madu dibedakan dari tempat asal madu itu dibuat. Tentu saja madu tersebut dihasilkan oleh lebah madu, namun kita biasanya membedakanya dari tempat dimana lebah tersebut mendapatkan sari yang menjadi bahan untuk membuat madu. Misalnya saja jika peternak lebah ini mengembangkan lebah madunya dengan ditemani pohon bunga crysant. Otomatis lebah-lebah tersebut akan menggunakannya sebagai tempat untuk mencari bahan pembuat madu, dan jadilah madu yang disebut madu crysantum. Untuk itu pengetahuan tentang ciri-ciri madu asli murni sangat kita perlukan untuk mengetahui perbedaan yang asli dan yang palsu.

Ciri-Ciri Madu Asli Berdasarkan Sifat dan Bentuknya

Madu asli adalah madu yang dihasilkan oleh lebah madu yang langsung diambil dari sarang lebah tersebut dan bisa langsung di konsumsi. Ciri-ciri madu asli atau murni hanya mengandung sangat sedikit zat h20 atau air di dalam madu tersebut. Ada yang berpendapat jika Anda menaruh madu pada tempat yang memiliki suhu rendah atau dalam lemari es dan madu tersebut mengeras atau membeku, sudah dapat dipastikan kalau madu tersebut tidak asli atau mungkin juga tidak murni. Ciri-ciri tersebut sudah dapat dipastikan bukan ciri madu murni atau madu asli. Pendapat tersebut tidak 100% benar. Karena beberapa madu ada yang menggumpal dan tidak menggumpal jika dimasukkan ke lemari es. Contoh madu yang akan mengkristal jika dimasukkan ke lemari es adalah madu kaliandra. Contoh madu yang tidak akan mengkristal (beku) walaupun disimpan lama di lemari es adalah madu kapuk.

Karena sifat madu yang sedikit mengandung zat cair atau liquid, maka jika Anda mencampurkannya dengan air ia tak akan mudah larut atau menyatu dengan air tersebut. Seperti halnya ketika Anda menuangkan minyak ke dalam air, itu tak akan pernah menyatu karena perbedaan unsur yang ada di dalamnya. Jika Anda mencampurkan madu dengan air dan air itu langsung berubah warna atau madu dengan mudahnya larut dalam air hal tersebut bukanlah ciri-ciri madu asli, dapat disimpulkan hal tersebut adalah ciri-ciri madu palsu.

Ciri-Ciri Madu Asli dari Harganya

Karena kualitasnya yang terjaga dan khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi, madu asli memiliki harga yang mahal dibandingkan dengan madu palsu. Jangan tertarik dengan harganya yang murah atau kemasannya yang menarik namun Anda harus melihat ciri-ciri madu tersebut. Apakah memiliki ciri-ciri madu asli atau tidak. Karena terkadang penampilan bisa menipu. Untuk itu kalian harus tahu perbedaan antara yang asli dengan yang  tidak.

Ciri-Ciri Madu Asli dari Warnanya

Anda dapat membedakan madu asli atau tidak dari melihat warna dan tingkat kepekatan madu tersebut. Memang tidak mudah untuk mengetahui ciri madu yang asli dengan kasat mata. Hanya seorang professional yang bisa melakukannya, itu saja mesti dibutuhkan tindakan lebih untuk mengetahui kebenarannya. Jangan tertipu dengan pekatnya warna madu, bisa jadi itu campuran gula aren. Anda harus tahu benar rasa dan teksturnya untuk mengetahui ciri-cirimadu  yang asli.

Semoga bermanfaat.

www.ruthjetti.com

0 Response to 3 Ciri Utama Madu Asli Yang Harus Anda Ketahui

Posting Komentar