3 Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami dan Cara Ampuh Mengatasinya

 Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami dan Cara Ampuh Mengatasinya - Setiap orang pasti pernah mengalami sakit kepala, baik sakit kepala yang ringan maupun yang nyeri luar biasa. Berdasarkan penyebab dan gejala yang di rasakan, sakit kepala ini ada banyak macamnya. Berbeda jenis sakit kepala yang di alami berbeda pula cara untuk mengatasinya. Untuk itulah Anda perlu mengetahui jenis-jenis sakit kepala yang biasa di alami oleh manusia agar tidak keliru dalam mengatasinya. Melakukan pengobatan yang tidak tepat saat mengalami sakit kepala bukan malah membuat sakit kepala menjadi hilang, namun justru malah memperparah sakit kepala itu sendiri.
Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai 3 jenis sakit kepala yang paling umum di alami dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

3 Jenis Sakit Kepala Yang Sering Anda Alami Dan Cara Ampuh Mengatasinya

1. Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Sakit kepala migrain atau migren biasanya di tandai dengan gejala rasa sakit yang luar biasa nyeri, berdenyut-denyut, dan hanya menyerang pada salah satu sisi bagian kepala. Migren merupakan kondisi neurologis tak normal yang di sebabkan gangguan pada pembuluh darah akibat dari perubahan senyawa serotonin.

Gejala migrain pada umumnya yaitu nyeri hebat, kepala terasa berdenyut, penderita menjadi sensitif terhadap cahaya, suara, dan bau.
Penyebab migrain bisa bermacam-macam, mulai dari karena tekanan stres, perubahan hormon, atau pemicu lainnya seperti makanan dan minuman yang dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pembuluh darah. Kurang tidur juga terkadang menjadi salah satu penyebab munculnya migrain.

Cara pengobatan migrain:
Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan yang banyak di jual di apotek. Obat yang ampuh untuk meredakan sakit karena migrain pada umumnya mengandung bahan aspirin dan acetaminophen. Namun jika sakit yang Anda rasakan sudah sangat parah sebaiknya Anda meminta obat khusus dari dokter. Migrain biasanya akan hilang kurang dari 24 jam. Jika Anda mengalaminya lebih dari itu, maka Anda harus melakukan perobatan lebih lanjut ke dokter.

2. Sakit Kepala Tegang (Tension)

Sakit kepala jenis ini adalah yang paling umum di alami oleh banyak orang. Rasa sakit muncul akibat dari otot pada bagian kepala yang mengalami ketegangan. Penyebab lainnya juga bisa karena ketegangan pada otot bahu dan leher.

Gejala sakit kepala tension di tandai dengan rasa sakit berdenyut pada kepala, nyeri pada leher dan pundak. Sakit kepal tension dapat di picu oleh stres, kelelahan, atau posisi tubuh yang salah.

Cara mengobati:
Sebenarnya sakit kepala ini dapat hilang dengan sendirinya, namun jika rasa sakit yang di rasakan cukup parah Anda bisa membeli obat sakit kepala yang di jual di apotek. Obat yang dapat di gunakan untuk mengatasi sakit kepala ini biasanya yang mengandung aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Namun tidak di anjurkan untuk selalu mengonsumsi obat setiap kali Anda mengalami sakit kepala tension. Cara yang terbaik untuk menghilangkan sakit kepala ini adalah dengan istirahat (tidur yang nyenyak).

3. Sakit Kepala Sinus

Sakit kepala sinus agak mirip dengan migrain. Namun pada umumnya rasa sakit dan nyeri hanya muncul pada bagian tulang pipi, hidung, atau dahi. Namun sakit kepala jenis ini tidak menimbulkan gejala sensitif terhadap cahaya, mual dan lain sebagainya seperti pada penderita migrain. Penyebabnya sakit kepala sinus adalah peradangan pada selaput lendir (sinusitis)
Gejala sakit kepala sinus di tandai dengan rasa nyeri hebat pada daerah mulai dari hidung, mata, hingga dahi, dan hidung menjadi berair. Biasanya orang yang mengalami sakit kepala sinus juga di sertai dengan demam.

Cara mengobati: Obat pereda nyeri, obat sinusitis. Anda harus mengunjungi dokter jika mengalami sakit kepala sinus.

Itulah 3 jenis sakit kepala yang sering di alami banyak orang dan cara ampuh mengatasinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to 3 Jenis Sakit Kepala yang Sering Anda Alami dan Cara Ampuh Mengatasinya

Posting Komentar