Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan yang Lebih Dahsyat dari Susu Sapi

Susu Kambing Etawa

Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan - Salah satu cara pemenuhan nutrisi dalam tubuh kita adalah dengan cara meminum susu yang berasal dari hewan. Susu kambing etawa menjadi salah satu alternatif yang bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh menggantikan susu sapi. Pemanfaatan susu jenis ini belum lama menjadi trend di Indonesia. Tidak hanya dari segi konsumsi saja, dilihat dari pemberdayaan dan juga upaya untuk ternak kambing etawa juga mulai ramai di Indonesia. Manfaat susu kambing etawa yang sangat banyak membuat susu ini begitu populer dan terkenal di masyarakat, kesadaran masyarakat yang tinggi untuk lebih sehat dan pemenuhan kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga menjadi salah satu pendorong berkembangnya susu ini. Kambing etawa sebenarnya kambing yang berasal dari India. Di India mengonsumsi susu kambing etawa sudah terjadi dari masa lampau. Hal ini disebabkan karena hewan sapi merupakan hewan yang suci dan tidak boleh dimanfaatkan sedikit pun, bahkan hewan sapi di sembah di India. Kambing etawa di India sering disebut dengan jamnapari, tidak hanya dimanfaatkan susunya namun dari susu tersebut juga dapat diolah menjadi keju. Keju yang dibuat dari susu etawa ini memiliki rasa yang berbeda dari keju biasa yang dibuat dari susu sapi. Keju susu kambing juga memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dari keju yang terbuat dari susu sapi. Kambing etawa menjadi trend bisnis yang cukup menjanjikan karena memiliki manfaat yang besar dan tingkat kemudahan dalam perawatan kambing etawa itu sendiri. Hal ini menjadi alternatif bisnis peternakan yang cukup menjanjikan di masa depan.

Kegunaan Susu Kambing Etawa

Ada beberapa manfaat yang dimiliki susu kambing yang tidak dimiliki oleh susu sapi. Susu kambing etawa memiliki kadar kolesterol yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki tingkat kolesterol yang cukup tinggi. Protein yang dimiliki susu kambing lebih lembut dibandingkan protein yang dimiliki oleh susu sapi, sehingga susu jenis ini akan berasa lebih nyaman dilambung karena mudah dicerna oleh perut kita. Protein yang lembut juga akan menekan jumlah produksi asam lambung sehingga mengurangi tingkat terjadinya penyakit maag yang mungkin bisa kita alami. Manfaat susu kambing etawa yang banyak membuat harga susu ini berbeda dengan susu sapi. Harga susu etawa lebih mahal dibandingkan dengan susu sapi biasa, selisih harganya bisa hingga 5 kali lipat dari harga susu biasa.

Selain susunya kambing etawa juga bisa dimanfaatkan daging, kotoran, dan juga urinenya. Mungkin daging kambing etawa tidak akan seempuk daging kambing biasa karena tekstur otot dan juga dagingnya yang agak sedikit berbeda dengan kambing potong. Namun, apabila dimasak dengan baik dan benar daging etawa akan terasa sangat lezat dan enak. Selain dagingnya kotoran kambing etawa juga bisa dijadikan pupuk kompos untuk tanaman. Banyaknya perubahan untuk lebih ramah dengan lingkungan membuat pemanfaatan pupuk organik meningkat, salah satunya dengan cara pemanfaatan kotoran hewan sebagai pupuk. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan selain dari susu kambing etawa itu sendiri.

Cara Mendapatkan Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa dapat diproduksi setiap hari dari kambing etawa betina. Ukuran tubuh kambing etawa bisa melampaui ukuran dari kambing biasa. Tinggi pejantan etawa bisa mencapai 90 hingga 127cm, sedangkan betina kambing etawa berkisar di antara 90cm. bobot kambing etawa jantan bisa mencapai 91 kilogram sedangkan bobot kambing etawa betina mencapai 63 kilogram. Setiap betina bisa menghasilkan 3 liter susu setiap hari. Khasiat susu kambing etawa yang tinggi membuat banyak orang mulai mencoba menternakannya di Indonesia.

Macam Susu Kambing Etawa

Susu kambing tersebut dapat diperoleh dalam dua jenis yang berbeda. Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk bubuk ataupun cair. Jika Anda ingin yang lebih praktis Anda bisa membeli susu kambing dalam bentuk bubuk, namun jika Anda tidak ingin kehilangan banyak manfaat dari susu tersebut Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk cair langsung setelah susu tersebut diperah. Baik yang cair atau susu kambing etawa bubuk mudah Anda dapatkan sekarang. Tinggal bagaimana keinginan Anda untuk menikmati susu kambing etawa.

Semoga bermanfaat.

0 Response to Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan yang Lebih Dahsyat dari Susu Sapi

Posting Komentar