3 Penyebab Gagal Diet dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gagal Diet
Penyebab gagal diet

Penyebab Gagal Diet dan Cara Mengatasinya - Jika saat ini Anda sedang mengalami gagal diet, maka apa yang harus Anda lakukan?
  • Berhenti berdiet?
  • Menyalahkan program diet itu?
  • Bersumpah tidak akan berdiet lagi?
  • Atau menganalisa penyebab kegagalan diet Anda!
Jika jawaban yang Anda pilih adalah yang terakhir, maka teruslah membaca artikel ini, karena saya akan membagikan apa saja yang biasanya menjadi penyebab kegagalan dalam berdiet serta cara mengatasinya.

Baca juga: Menjaga Tubuh Tetap Langsing

3 Penyebab Orang Mengalami Gagal Diet

1. Terlalu bersemangat diawal program

Lho kok bisa? dari pengalaman saya, biasanya orang yang terlalu bersemangat saat memulai program diet akan lebih cepat mengalami kegagalan. Karena orang itu akan mengharapkan hasil yang tinggi.

Misalnya: menetapkan target untuk penurunan berat badan diatas 5 kg per bulan. Menetapkan target yang tinggi memang akan memotivasi Anda lebih besar, apalagi jika Anda berhasil mencapainya maka Anda akan lebih bersemangat lagi. Tapi jika Anda gagal mencapainya, ada 2 kemungkinan yang akan terjadi :
  • Motivasi Anda mulai berkurang
  • Anda akan mulai ragu degan program Anda
Ketika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan diet Anda akan mengalami kegagalan.

Bagaimana cara mengatasinya? ini solusinya:

Saat Anda mulai berdiet pertama kali , yang terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengalihkan fokus Anda. Maksud saya, jika biasanya Anda berfokus pada hasil yang ingin Anda capai, maka kali ini ubahlah fokus Anda menjadi ” menikmati proses diet setiap hari”.

Dengan mengubah fokus Anda, maka secara tidak sadar Anda akan mulai mengubah kebiasaan Anda yang lama. Dan tentu saja dengan memiliki kebiasaan baru yang lebih baik maka tubuh baru yang lebih langsingpun bisa Anda miliki.
Dan ketika Anda menikmati proses diet setiap hari, maka hasil dibawah target pun tidak akan menjadi masalah besar bagi Anda, karena Anda mengetahui bahwa dgn melakukan diet yang Anda senangi, maka lama-kelamaan Anda akan bisa mencapai target akhir Anda.

2. Tidak bisa melewati masa plateau

Apa itu masa plateau? Masa plateau adalah saat dimana berat badan Anda mengalami kestabilan sementara, jadi berat badan Anda tidak akan mengalami perubahan meskipun Anda sudah menjalankan program degan benar.

Inilah saat yang paling di benci oleh orang yang melakukan diet, dan oleh sebab ini juga banyak orang mengalami gagal diet. 

Bagaimana cara mengatasinya? ini solusinya:

Mudah saja, yang terpenting adalah Anda menyukai program diet yang Anda gunakan dan mengetahui bahwa masa plateau itu hanya sementara saja. Kemudian Anda bisa melakukan sedikit perubahan pada program Anda, ada 2 hal yang bisa Anda lakukan:
  • Gunakan pola makan 5 kali sehari dgn porsi kecil, perbanyak sayuran, buah dan air putih. Lakukan hal ini selama 2 minggu sampai 1 bulan, setelah itu kembali lagi ke program diet Anda. Tujuannya disini adalah untuk menipu tubuh Anda. Ketika tubuh sering menerima makanan maka tubuh akan meningkatkan proses pembakaran kalori sehingga metabolisme akan meningkat.
  • Tingkatkan metabolisme tubuh Anda dgn melakukan olahraga secara teratur. Olahraga paling baik dilakukan pada pagi hari sebelum sarapan, maka tubuh akan membakar lemak lebih banyak. Olahraga yag dilakukan seperti : jalan cepat selama 30 menit atau aerobik ringan minimal 30 menit.
Kuncinya adalah: ” Anda menyukai program diet Anda, Anda tahu bahwa masa plateau terjadi sementara ”.

Baca juga: Menu Makanan untuk Diet Sehat

3. Berhasil mencapai target yang diinginkan

Banyak orang mengalami gagal diet setelah mencapai target mereka. Bagaimana hal itu terjadi?
Ini berhubungan erat dgn penyebab kegagalan diet yang pertama. Jika Anda terlalu berfokus pada hasil, tanpa membentuk gaya hidup dan pola pikir yang baru, maka setelah target tercapai, Anda akan merasa puas diri.

Kemudian Anda merasa berhak untuk makan apapun, karena telah melakukan diet yang berat, akibatnya pola makan anda tidak terkontrol sehingga berat badanpun naik lagi.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? ini solusinya :

Anda harus memperbanyak pengetahuan Anda tentang gaya hidup sehat dan manfaat yang bisa Anda peroleh jika menerapkannya. Anda juga harus mengetahui tentang akibat yang bisa terjadi jika Anda tidak melakukannya.

Cara termudah untuk membentuk pola pikir baru yang lebih sehat dan baik adalah bergabung dengan komunitas yang searah degan tujuan Anda.

Ok, itulah 3 penyebab orang mengalami gagal diet menurut saya. Semoga solusi ini bisa berguna untuk Anda.
Cara terbaik untuk berdiet adalah dengan merubah pengertian Anda mengenai kata ” Diet “. Jadikan program diet Anda sebagai bagian dari hidup Anda , maka tingkat keberhasilan diet Anda akan meningkat.

0 Response to 3 Penyebab Gagal Diet dan Cara Mengatasinya

Posting Komentar