Dampak dan Penyakit Akibat Pencemaran Tanah

Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Tanah - Aktivitas kita sehari-hari tidak lepas dari salah satunya tanah. Karena dimana kita berpijak pada tanah. Tanah merupakan dasar dari kita bertumpu di bumi ini. Banyak manfaat yang dapat kita gunakan dari tanah. Selain dasar kita berpijak, tanah juga dimanfaatkan manusia untuk bercocok tanam, sebagai habitat hewan tanah, sumber mata air, dan lain sebagainya. Masalahnya bagaimana jika tanah terpolusi atau tercemar? Apakah tanah bisa terpolusi? Dengan Yakin penulis katakan bisa. Darimana tanah bisa terpolusi? Dari aktivitas manusia itu sendiri, dengan membuang limbah sembarangan, pembuangan limbah industri ataupun limbah rumah tangga, penggunaan pupuk kimia saat bertani,dan lain sebagainya. Jika aktivitas makhluk hidup membutuhkan tanah, dan tanah tersebut terpolusi maka dampak apa yang dapat ditimbulkan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Pencemaran Linkungan Tanah

Dampak yang Ditimbulkan oleh Pencemaran Tanah

  1. Kesuburan tanah akan berkurang akan adanya suatu zat polutan yang akan merusak kesuburan tanah tersebut.

  2. Makhluk Hidup berupa tumbuhan dan makhluk hidup lainnya akan mati.

  3. Keseimbangan tumbuhan dan hewan akan terganggu.

  4. Polusi tanah juga akan menimbulkan bau

  5. Polusi tanah juga dapat menimbulkan berbagai penyakit baik itu tidak secara langsung.

Berdasarkan dampak di atas, penulis akan lebih membahas penyakit apa saya yang dapat ditimbulkan oleh pencemaran tanah.

Baca juga: Penyakit yang Disebabkan oleh Pencemaran Udara

Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Tanah

  • Kanker

    Makanan yang sering kita konsumsi lebih banyak berasal dari tanaman. Tanaman biasanya tumbuh pada tanah. Tanah yang telah tercemar atau terpolusi akan mengakibat tanaman yang kita konsumsipun dapat beracun,meskipun tidak pada saat itu. Tanaman banyak diberikan pupuk dan peptisida agar subur. Dimana pupuk dan peptisida mengandung benzena,kromium, dan yang lainnya yang memiliki sifat karsinogen. Zat-zat karsinogen ini bekerja dengan mengubah DNA dalam sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan kanker.

  • Ginjal dan Penyakit Liver

    Penyakit ginjal dan liver banyak hal yang menyebabkannya, termasuk hal yang kita konsumsi. Tanaman yang kita konsumsi banyak yang kita dapat berasal dari tanah. Jika tanah sudah terpolusi atau tercemar dengan zat merkuri dan cyclodiene maka dapat mengakibatkan ginjal dan penyakit liver.

  • Disentri dan Kolera

    Di atas artikel ini sudah menyebutkan manfaat tanah salah satunya sumber mata air. Bagaimana tanah yang terpolusi merembes sampai ke air tanah?. Secara otomatis air tersebut juga jadi tercemar. Jika air yang tercemar tadi kita konsumsi maka kita dapat mengalami disentri dan kolera.

  • Penyakit Perut

    Tanaman yang kita konsumsi berasal atau ditanam di tanah yang sudah tercemar atau terpolusi dengan zat-zat kimia maka akan terdapat penyakit yang ditimbulkan. Jika tanaman tersebut tidak kita cuci dengan benar dan baik maka akan menimbulkan sakit perut berupa infeksi lambung akut dan amoeabiasis.

  • Penyakit Kulit

    Tanah yang sudah terpolusi terkontak langsung pada tubuh kita maka akan menyebabkan penyakit kulit. Bukan itu saja, tanah yang terpolusi merembes sampai ke air tanah kemudian air tanah tersebut kita gunakan untuk mandi maka juga dapat menyebabkan penyakit kulit.

Baca juga: Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Air

Demikianlah informasi tentang dampak dan penyakit yang disebakan oleh pencemaran lingkungan tanah atau polusi tanah. Semoga atikel ini bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to Dampak dan Penyakit Akibat Pencemaran Tanah

Posting Komentar