4 Sayuran untuk Diet, Mana Pilihan Anda?

Sayuran untuk Diet, Mana Pilihan Anda? - Anda tentu tidak asing lagi untuk menggunakan sayuran untuk diet. Seperti yang kita ketahui , sayuran merupakan sumber serat yang sangat baik disamping itu sayuran juga mengandung berbagai vitamin , mineral dan merupakan jenis karbohidrat kompleks.
Tapi ada beberapa sayuran yang merupakan pilihan utama jika Anda sedang berdiet, apa saja sayuran itu?

Menu Sayuran untuk Diet

Sayuran Untuk Diet
Brokoli, salah satu sayuran untuk diet.

Inilah beberapa sayuran untuk diet yang bisa Anda pilih:

  • Brokoli
  • Bok Coy
  • Asparagus
  • Bayam

Untuk detailnya, baca penjelasannya di bawah ini:

Brokoli

Brokoli merupakan sumber serat yang sangat baik, setengah merupakan serat larut dan setengahnya merupakan serat yang tidak larut, apa serat larut dan tidak larut itu..? Saya akan membahasnya di artikel yang lain. Brokoli juga merupakan sumber vitamin yang baik seperti vitamin C, vitamin A , vitamin K dan juga mengandung asam folat, mangan dan potassium yang merupakan bagian nutrisi mikro yang sangt diperlukan oleh tubuh. Selain itu, brokoli merupakan salah satu sayuran, yang telah terbukti memiliki sifat anti-kanker. Juga salah satu makanan dengan tingkat tertinggi fitonutrien antioksidan pada basis per-kalori.

Bok Choy

Bok choy (juga disebut kubis Cina, atau Pak-choi) adalah anggota dari brassica, atau keluarga kubis. Yang sangat umum digunakan pada masakan Cina, sedangkan kita biasanya mencampurkannya di nasi goreng atau cap cay sebagai pengganti sayur hijau. Bok choy sangat bergizi dan sangat rendah kandungan karbohidratnya. Bok choy juga merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A dan beta-karoten yang baik. Disamping itu juga mengandung folat, kalsium dan vitamin B6 serta memiliki zat anti-kanker.

Asparagus

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang satu ini kan.. Asparagus adalah jenis sayuran bertangkai dan berbunga kuncup yang merupakan anggota keluarga tumbuhan lily. Kebanyakan asparagus berwarna hijau, tapi kadang-kadang Anda mungkin menemukan jenis asparagus yang berwarna lebih putih. Tapi keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama. Asparagus merupakan sumber vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, thiamin, dan zat besi. Juga merupakan sumber fitonutrien termasuk antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Asparagus juga mengandung inulin yang mendukung bakteri sehat dalam usus kita. Asparagus juga dikatakan sebagai diuretik alami karena kombinasi mineral dan asam amino yang disebut asparagin. Asparagus biasanya diolah sebagai sup atau ditumis sebagai peneman makanan yang lainnya. Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya , tentu ini bisa kita pilih sebagai sayuran terbaik untuk diet.

Bayam

Bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sayuran untuk diet yang bisa kita sebut sebagai makanan bebas pada saat kita berdiet, karena mereka memiliki pengaruh yang sangat kecil pada perubahan gula darah dalam tubuh. Dengan semakin stabilnya gula darah, maka program diet akan berjalan lebih cepat. Bayam dan sayuran hijau lainnya juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti: serat, vitamin K, vitamin A, vitamin C, folat, dan mangan. Juga merupakan sumber vitamin B6, riboflavin, magnesium, potasium, kalsium dan vitamin E. Cara terbaik untuk mengolah bayam adalah digunakan sebagai sayur bening.

Itulah 4 sayuran untuk diet yang bisa Anda pilih untuk melengkapi menu diet Anda sehari-hari. Kita kadang malas untuk makan sayuran tetapi dengan mengetahui manfaatnya bagi tubuh maka saya harapkan agar Anda lebih rajin lagi untuk mengkonsumsinya. Jika Artikel ini berguna untuk Anda, silahkan bagikan kepada teman atau saudara yang mungkin akan berguna bagi mereka.


0 Response to 4 Sayuran untuk Diet, Mana Pilihan Anda?

Posting Komentar