Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Apakah susu kedelai untuk bayi mempunyai manfaat yang sama dengan susu sapi? Kaum ibu yang peduli dengan bayinya sering menanyakan hal ini demi kesehatan dan pertumbuhan anak. Minum susu, merupakan salah satu faktor yang sangat penting demi memenuhi asupan nutrisi dan pertumbuhan anak. Apalagi ketika bayi mulai memasuki masa transisi dari ASI ke susu formula di atas 6 bulan. Salah satu pilihan susu formula yang tersedia adalah susu kedelai (Soya) yang dapat menjadi pelengkap nutrisi bagi bayi.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Kapan Susu Kedelai Di Perlukan Bayi?
Susu kedelai untuk bayi berada di pasaran kurang lebih sudah seratus tahun yang lalu, antara 20% dan 25% dari susu formula yang dijual di AS berbasis kedelai. Formula kedelai menjadi populer sebagai formula alternatif untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Susu kedelai dapat menjadi pilihan jika bayi bermasalah dengan susu sapi (alergi terhadap proteinnya), memiliki kondisi intoleransi laktosa, galactosemia (tidak dapat mengonsumsi susu dari hewan apapun maupun ASI), atau jika Anda sekeluarga memang menjalankan gaya hidup vegetarian.
Susu kedelai bisa Anda jadikan alternatif sebagai sumber nutrisi yang dibutuhkan si kecil. Susu ini hampir sama manfaat nutrisinya dengan susu sapi, namun dengan harga terjangkau dan rasa lebih familiar. Susu kedelai juga sangat minim efek samping, bahkan rata-rata bayi yang mengonsumsi susu kedelai justru mengalami peningkatan kesehatan. Berbeda dengan susu formula lain yang tidak berbahan organik, tentu saja Anda harus di repotkan dalam pemilihan yang paling cocok untuk bayi Anda. Jika Anda memilih susu yang tidak cocok dengan bayi Anda, bisa saja justru akan menimbulkan efek samping seperti muntah dan diare. Hal ini harus Anda hindari. Caranya adalah dengan mencoba susu kedelai sebagai susu formula alternatif untuk bayi Anda.

Kandungan Susu Kedelai Yang Baik Untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Bayi

Setelah melalui uji klinis, susu kedelai atau juga sering disebut susu Soya ini memiliki komposisi yang mirip dengan susu sapi, yaitu 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat, sehingga ‘ramah’ pada lambung dan dapat dengan mudah dicerna.

Berikut beberapa alasan susu kedelai bisa dijadikan ‘alternatif kedua’ jika susu sapi intoleran kepada anak. Susu kedelai tidak menyebabkan diare layaknya pada susu sapi bagi anak yang intoleran laktosa. Kandungan lemak dan kalori pada susu kedelai lebih rendah dibanding susu sapi. Kandungan lemak baik (HDL) pada susu kedelai lebih besar daripada kandungan lemak jahatnya (LDL). Hal ini berbalik keadaannya terhadap susu sapi. Susu kedelai mengandung asam-amino lebih lengkap yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Efisiensi penyerapan protein pada susu kedelai hampir sama pada susu sapi. Susu kedelai mengandung serat yang sangat penting untuk kesehatan saluran pencernaan dan dapat menjadi sumber serat bagi anak-anak yang sulit makan sayur dan buah-buahan. Kedelai mengandung zat lesitin yang berguna mendukung perkembangan sel-sel syaraf otak, dan isoflavon yang berguna menurunkan lemak jahat, trigliserida dan total lemak, serta zat-zat yang lain yang penuh manfaat untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Susu kedelai sebagai pilihan alternatif merupakan salah satu upaya yang cukup bijak menimbang tidak semua anak toleran terhadap susu sapi. Selain bergizi dan menyehatkan, susu kedelai bisa Anda dapatkan secara mudah dimanapun Anda berada.

Anda pun sekarang sudah tidak perlu repot-repot lagi membuat susu kedelai sendiri. Karena saat ini banyak produk susu kedelai yang dijual bebas di pasaran. Namun jangan sampai salah memilih. Pilihlah susu kedelai berbahan organik/alami.

Semoga bermanfaat.

0 Response to Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Dan Pertumbuhan Bayi Usia 6 Bulan Ke Atas

Posting Komentar