Penyakit Akibat Polusi Air

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Polusi Air - Siapa yang tidak membutuhkan air? Di setiap segi kehidupan semua butuh air. Baik itu manusia, hewan bahkan tumbuhan sangat membutuhkan air. Banyak kebutuhan kita sehari2 yang membutuhkan air, misalnya mandi, mencuci, minum dan lain sebagainya. Begitu juga pada tumbuhan dan hewan. Masalahnya sekarang bagaimana air yang kita gunakan terkena polusi atau tercemar? Bagaimana dampak pada diri kita?. Kategori atau kriteria air yang dapat kita gunakan diantaranya tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau.
Penyakit Yang Disebabkan Polusi Air
Baca juga: Penyakit yang Disebabkan Oleh Polusi Udara

Gangguan Kesehatan Yang Disebabkan Oleh Pencemaran Air

Baiklah sekarang saya akan membagikan gangguan kesehatan atau penyakit akibat polusi air:
  1. Penyakit Diare Mungkin kita sudah pernah mengalami diare. Dimana kita mengalami sakit perut dan pada akhirnya adanya BAB atau buang air besar yang tinjanya encer. Salah satu penyebab kita diare adalah mengkonsumsi air yang tidak layak minum.
  2. Penyakit Pada Kulit Tubuh Polusi air juga dapat mengakibatkan penyakit pada kulit. Bisa jadi air yang kita gunakan sudah tercemar bahan kimia dan mikroorganisme contohnya H2SO4, jamur, virus, bakteri dan lain sebagainya.
  3. Penyakit Hepatitis A Jika kita menggunakan air yang sudah tercemar oleh tinja penderita hepatitis A maka kemungkinan besar kita akan mengalami penyakit hepatitis A juga. Dimana hepatits A merupakan penyakit yang menyerang organ hati dikarenakan virus hepatitis A. Kita dapat mengenali gejala awal jika kita terkena penyakit hepatitis A diantaranya demam,sakit perut, nyeri, kulit kuning dan mual.
  4. Penyakit Disentri Disentri juga dapat disebabkan oleh polusi air. Penyakit ini  ditandai dengan perut terasa kram, diare, mual, muntah serta demam. Kita tidak perlu bingung membedakan jika kita mengalami diare atau disentri. Diare terjadi ketika kita mengalami BAB yang mana tinjanya encer dan kita lebih sering untuk BAB. Sedangkan disentri, kita mengalami diare dan tinja kita disertai darah dan lendir.
  5. Penyakit Tifus Penyakit Tifus dapat terjadi pada anak-anak bahkan orang dewasa. Penyakit ini terjadi bisa dikarenakan makanan atau minuman yang kita konsumsi, dimana makanan atau minuman tersebut sudah tercemar oleh bakteri salmonella.
  6. Penyakit Kolera Kita perlu waspada terhadap penyakit ini. Karena penyakit ini jika tidak langsung diatasi dapat mengakibatkan kematian. Kita mengalami dehidrasi yang cukup kuat dan denyut nadi kita berjalan dengan sangat cepat. Penyakit ini disebabkan air yang kita konsumsi mengandung bakteri vibrio cholerae.
Baca juga: Dampak dan Penyakit Akibat Pencemaran Tanah

Teman-teman itu dulu yang dapat saya bagikan ke teman-teman tentang penyakit yang disebabkan oleh polusi air. Jika ada masukan kami sangat berterimakasih.
Pesan penulis adalah jaga pola hidup teman-teman terutama dalam penggunaan air yang teman gunakan. Dimana air yang baik bagi tubuh kita adalah air yang tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Dan minumalah air yang sudah dimasak sampai 100 derajat celcius. Terimakasih.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasi Banjir

1 Response to Penyakit Akibat Polusi Air

  1. Organ tubh mana saja yang terseranh oleh polusi air

    BalasHapus