6 Tips Cara Mencegah Selulit Pada Kulit Yang Paling Ampuh

Salah satu masalah kulit yang paling di takutkan oleh kaum hawa adalah munculnya selulit atau yang lebih di kenal dengan stretch mark pada kulit. Bentuknya mirip seperti guratan-guratan bekas luka dengan tekstur yang mirip seperti kulit jeruk. Memang jika selulit ini muncul akan terlihat jelek sekali dan sudah pasti akan mengurangi keindahan kulit Anda. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

6 Tips Cara Mencegah Selulit Pada Kulit Yang Paling Ampuh

Selulit muncul sebagai akibat dari ketidak mampuan kulit dalam mengimbangi perkembangan massa tubuh. Jaringan kolagen yang ada pada kulit kehilangan keelastisannya dan menjadi sobek akibat dari massa tubuh yang bertambah dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat. Hal ini bisa terjadi karena hamil, kegemukan, dan gangguan metabolisme lainnya.

Biasanya selulit muncul pada daerah di sekitar bokong, paha, ketiak, paha, dan di bawah payudara. Jika selulit sudah terlanjut muncul, maka akan sangat sulit sekali untuk menghilangkannya. Bahkan bisa di katakana kemunculan selulit ini bersifat permanen. Oleh karena itu Anda harus melakukan tindakan pencegahan sekuat tenaga agar selulit tidak muncul merusak keindahan kulit Anda.

Berikut ini adalah 6 tips cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah munculnya selulit:

1. Kurangi Konsumsi Gula Gula Dan Garam

Terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam pada menu makan sehari-hari Anda dapat memicu munculnya selulit. Gula yang di konsumsi dalam jumlah banyak akan di simpan dalam bentuk lemak di bawah kulit. Hal ini akan memicu terjadinya peregangan jaringan kolagen yang sangat berpotensi besar menimbulkan selulit. Selain itu garam juga dapat menyumbat pembuluh darah yang memperbesar peluang munculnya selulit. Kurangilah konsumsi kedua bahan ini terlebih lagi jika Anda adalah tipe orang yang jarang berolah raga.

2. Hindari Junk Food

Jika Anda adalah orang yang terbiasa memakan makanan jenis junk food maka Anda harus menghentikannya sekarang juga jika tidak ingin selulit muncul di kulit Anda. Junkfood adalah makanan dengan kandungan lemak, minyak, dan karbohidrat yang sangat tinggi. Zat-zat ini jika di konsumsi terus menerus akan menambah banyak tumpukan lemak di bawah kulit yang merupakan pemicu utama terjadinya selulit.

3. Perbanyak Air Putih

Air putih sangat di butuhkan untuk melangsungkan metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Air putih juga berperan dalam proses detoksifikasi racun - racun yang banyak mengendap pada lemak yang ada di bawah kulit. Oleh karena itu Anda harus memenuhi kebutuhan minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari.

4. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Untuk mencegah datangnya selulit Anda harus memberikan tubuh Anda suplai vitamin yang cukup. Beberapa vitamin yang sangat di butuhkan oleh kulit di antaranya adalah vitamin E, vitamin C, vitamin B6, selenium, vodium, magnesium dan kalsium. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin ini dalam buah-buahan segar atau sayuran hijau. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan kulit.

5. Hindari Latihan Berat Secara Mendadak

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa selulit terjadi akibat ketidakmampuan jaringan kolagen pada kulit mengimbangi perkembangan dan pertambahan massa tubuh. Oleh karena itu latihan fisik berat yang di lakukan secara mendadak juga dapat menyebabkan terjadinya selulit. Hal ini di sebabkan karena kulit belum siap menerima perkembangan otot yang terjadi secara cepat. Jika Anda ingin melakukan latihan fisik, maka lakukanlah secara bertahap.

Itulah 5 cara mencegah munculnya selulit pada kulit paling ampuh yang bisa Anda terapkan sekarang juga. Selamat mencoba.

Ruth Jetti

0 Response to 6 Tips Cara Mencegah Selulit Pada Kulit Yang Paling Ampuh

Posting Komentar