Tips Pola Hidup Sehat Untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Salah satu tanda anak memiliki gizi yang baik adalah kesehatan pencernaan dan buang air besar yang teratur pada si kecil memang menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan. Apabila proses buang air besarnya menjadi terganggu, hal ini akan dapat membuat si kecil mengeluh sepanjang hari karena merasa perutnya tidak nyaman. Nah kalau sudah seperti ini membuat kesehatan pencernaannya menjadi terganggu.


Agar hal tersebut tidak sampai terjadi pada si kecil, bunda perlu membiasakan untuk menerapkan pola hidup yang sehat dengan mencoba beberapa tips pola hidup sehat untuk kesehatan pencernaan berikut ini.

Mengkonsumsi banyak serat
Akibat kurangnya asupan serat dalam tubuh, hal ini dapat menyebabkan proses buang air besar menjadi tidak lancar. Oleh karenanya, bunda perlu memenuhi suatu kebutuhan serat bagi si kecil pada setiap harinya. menurut Dr. John Marshall yang merupakan seorang profesor kedokteran dari MacMaster University, mengemukakan bahwa setidaknya si kecil membutuhkan sekitar 20-50 gram serat pada setiap harinya agar pencernaan dalam tubuhnya menjadi stabil. Pada beberapa potong buah pepaya atau  buah alapukat sebagai salah satu makanan sumber serat bisa bunda coba sajikan pada buah hati untuk mencegah terjadinya masalah sembelit.

Jadwal makan teratur
Tips pola hidup sehat untuk kesehatan pencernaan selanjutnya adapa mengatur jadwal makan. Pada jadwal makan yang kurang teratur juga dapat menyebabkan proses buang air besar menjadi tidak lancar. Kalau sudah begini, bunda bisa mengatur kembali jadwal makan buah hati agar menjadi lebih teratur. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga pola makan sehatnya dengan komposisi makan makanan bergizi seimbang.

Rutin minum air putih
Kebutuhan akan air putih juga sangat dibutuhkan oleh tubuh pada setiap harinya. selain itu dibutuhkan pula untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap senantiasa bugar, dan juga dapat membantu proses pencernaan dan melancarkan proses buang air besar.

Rajin berolahraga
Aktivitas olahraga juga menjadi salah satu tips pola hidup sehat untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu saja, olahraga juga bisa menjadi cara baik untuk dapat mempertahankan kesehatan saluran pencernaan dan mencegah terjadinya suatu gangguan proses buang air besar pada si kecil.
Menjadi teladan hidup sehat

Buah hati juga akan selalu meniru berbagai hal yang dilakukan oleh orangtuanya. Nah hal ini juga tidak terkecuali adalah gaya hidup sehat, seperti halnya pola makan yang bergizi seimbang, tidur tepat waktu, rajin melakukan olahraga, mengkonsumsi air putih. Disarankan untuk membiasakan melakukan gaya hidup sehat bersama buah hati untuk memberikan sebuah contoh yang baik untuk si kecil.

Nah ketika tips pola hidup sehat untuk kesehatan pencernaan bisa diaplikasikan dengan baik, hal tersebut tentunya dapat membuat kesehatan pencernaan lebih baik


www.ruthjetti.com

0 Response to Tips Pola Hidup Sehat Untuk Kesehatan Pencernaan Si Kecil

Posting Komentar