Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Udara

Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Udara - Polusi udara sangatlah mengganggu dalam kesehatan tubuh kita. Polusi udara dapat dikarenakan adanya pembakaran hutan, kemarau panjang, asap kendaraan bahkan dari asap rokok. Siapa yang tidak merasa terganggu dengan keadaan eperti itu? Pasti setiap orang akan merasa terganggu. Semua orang sangat merindukan udara yang bersih dan sehat. Tapi dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia, udara bersih dan sehat itu sudah sangat sulit ditemukan. Malah perlu mengeluarkan dana untuk dapat menikmati udara bersih dan sehat tersebut yaitu dengan pergi rekreasi. Kalau kita telusuri polusi udara ini sebenarnya ulah manusia itu sendiri. Polusi udara dapat menyebabkan beberapa penyakit.

Penyakit Akibat Pencemaran Udara

Berikut ini kami jelaskan penyakit akibat pencemaran udara:

  1. Bronchitis kronika
    Penyakit bronkitis kronik dapat disebabkan oleh asap rokok, debu, asap industri serta polusi udara. Bronkitis kronik adalah bronkitis yang sifatnya lebih serius. Hal ini dapat disamakan dengan empisema, TBC atau kanker cabang tenggorokan pada orang dewasa.
  2. Emphysema
    Emphysema merupakan salah satu jenis chronic obstructive pulmonary disease (COPD), yakni kondisi ketika kantung-kantung udara di paru-paru perlahan-lahan rusak. Akibatnya, penderitanya akan kesulitan bernapas. Penyebab emphysema adalah paparan polusi udara yang berkepanjangan, seperti: asap rokok, asap mariyuana, polusi udara, asap pabrik, abu batu bara dan silika, dan faktor keturunan.
  3. Bronkopneumonia
    Bronkopneumonia adalah radang paru-paru yang mengenai satu atau beberapa lobus paru-paru yang ditandai dengan adanya bercak-bercak infiltrat yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan benda asing.
  4. Asma
    Asma merupakan suatu penyakit yang dikenal dengan penyakit sesak napas karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan.
  5. Kanker paru-paru
    Rokok tembakau adalah hal yang paling penting dan merupakan faktor resiko utama dari kanker paru-paru. Faktor resiko lain penyebab kanker paru-paru termasuk radon ( gas radioaktif ), asbestos, arsenik, kromium, nikel, dan polusi udara.
  6. Kanker lambung
    Kanker lambung atau dikenal sebagai gastric cancer merupakan kanker yang berawal pada bagian lambung. Walaupun belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab kanker lambung, akan tetapi, salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung adalah kebiasaan merokok.
  7. Penyakit-penyakit lain, umpamanya iritasi mata, kulit dan sebagainya banyak juga dihubungkan dengan pencemaran udara.

Baca juga:
Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Air

Dampak dan Penyakit Akibat Pencemaran Tanah


www.ruthjetti.com

0 Response to Penyakit yang Disebabkan oleh Polusi Udara

Posting Komentar