Menu MPASI Sehat Untuk Buah Hati

Untuk setiap bunda yang memiliki buah hati yang masih bayi, ketika usia bayi tersebut sudah mencapai 6 bulan, penting untuk bayi diperkenalkan dengan berbagai macammakanan pendamping asi (MPASI). Setelah usia 6 bulan, asupan nutrisi dan gizi lain selain ASI memang sangat diperlukan oleh bayi. Hal ini tentunya memang akan menunjang pertumbuhan serta perkembangan bayi. ASI saja tidak cukup untuk dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi dari buah hati.


Namun yang perlu diingat adalah MPASI yang boleh diberikan pada bayi adalah MPASI yang sehat dan memiliki tekstur lembut. selain itu hindari pula memberikan asupan garam dan gula ketika usia bayi masih kurang dari satu tahun. Buah, sayur dan berbagai macam makanan alami MPASI sebenarnya memang sudah memiliki kandungan garam dan gula alami didalamnya. Berbicara mengenai menu dari MPASI itu sendiri, berikut ini ada beberapa menu MPASI sehat untuk buah hati.

Pure Buah ( alpukat, pepaya atau pisang)
Nah menu MPASI sehat untuk buah hati pertama yang sehat dan mudah untuk dibuat adalah pure buah. Beberapa buah tersebut diantaranya adalah buah alpukat, pisang , pepaya dan beberapa buah lainnya yang memiliki rasa manis, tidak terlalu asam dan memiliki tekstur yang lembut. untuk membuatnya sendiri juga sangatlah mudah, hanya dengan mengupas buah seperti biasa, kemudian mengambil daging buahnya dan menghaluskannnya, kemudian berikan pada buah hati.

Bubur jagung manis
Untuk MPASI sehat selanjutnya adalah bubur jagung manis. Kamu bisa memilih jagung yang masih muda dan segar kemudian serut bijinya. Setelah itu blender sampai halus dan tambahkan sedikit air. Masak sampai menjadi bubur sampai mendidih. Bunda tidak perlu menambahkan gula atau pun garam kedalamnya, karena jagung sendiri sudah memiliki rasa yang enak dan manis.

Nasi tim ikan salmon
Nah agar bayi kecukupan akan asupan protein dengan baik, bunda bisa memberikan MPASI olahan ikan. Ikan yang baik untuk buah hati yang memiliki usia dibawah satu tahun adalah ikan salmon. Ikan yang satu ini dapat  dibuat sebagai menu tambahan pada nasi tim. Untuk membuatnya sendiri sangatlah mudah, hanya dengan menyiapkan sekitar 1 sendok makan beras merah, 2 potong fillet ikan salmon,  sejumput kacang merah dan segenggam sayur bayam. Kemudian kamu bisa merebus bahan - bahan tersebut, sampai matang dan teksturnya lembut. blender sampai halus kemudiaan memberikan untuk menu MPASI ketika pagi dan sore hari.

Itulah beberapa menu MPASI sehat untuk buah hati. Selain menu - menu diatas, menu lain yang juga bunda berikan adalah pure kentang kukus, nasi tim merah, jus bubur kacang hijau, dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

www.ruthjetti.com

0 Response to Menu MPASI Sehat Untuk Buah Hati

Posting Komentar