Manfaat Baik Mengkonsumsi Ikan Untuk Anak Sejak Dini

Banyak para ahli kesehatan dan dokter anak percaya bahwa, kesehatan anak juga bergantung pada apa yang dikonsumsinya setiap hari sejak  dini. Asupan gizi yang seimbang dan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang kaya akan kandungan nutrisi tentunya menjadi suatu hal kunci kuat daya tahan tubuh anak dan perkembangan fisik beserta otaknya.


Disamping mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat seperti halnya buah dan biji – bijian, menjadi salah satu hal  yang penting yang mana menjadi asupan anak  pada usia awal perkembangannya adalah mengkonsumsi ikan. Namun menurut para orang tua mereka lebih suka menambahkan daging sapi dan ayam kedalam menu makanan MPASI, hal ini dikarenakan lebih mudah dibandingkan dengan ikan lainnya yang amis dan memiliki banyak duri. Namun padahal  mengkonsumsi ikan sejak dini untuk bayi, memiliki banyak keuntungannya. Berikut ini ada beberapa manfaat baik mengkonsumsi ikan untuk anak.

Meningkatkan kecerdasan
Manfaat baik mengkonsumsi ikan untuk anak yang pertama adalah mampu meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Menurut hasil studi pada tahun 90 an menyebutkan bahwa bayi yang mengkonsumsi berbagai macam makanan yang memiliki kandungan DHA yang tinggi, terbukti memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Nah salah satu sumber DHA alami yang kaya tersebut terkandung pada ikan, khususnya pada ikan cod.

Meningkatkan daya fokus
Selain dapat meningkatkan kecerdasan, kandungan DHA dan omega 3 yang terkandung dalam ikan juga memiliki manfaat baik untuk dapat meningkatkan fokus dan daya kreatif pada balita.
Memperkuat sistem imun

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat dalam ikan, memang menjadi hal yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Sistem imun dalam tubuh anak akan menjadi lebih kuat yang mana hal ini membuat anak menjadi tidak mudah mengalami sakit dan menjadi lebih aktif.
Mencegah eksim

Eksim itu sendiri merupakan suatu hal  yang dapat membuat seseorang mengalami gatal - gatal pada seluruh tubuhnya yang mana hal ini dapat ditangkal dengan mengkonsumsi ikan salmon atau ikan tuna sebelum bayi berusia sekitar 9 bulan. Sebaiknya untuk bisa mengkonsultasikan hal ini terlebih dahulu dengan dokter untuk memperoleh informasi lebih jelasnya.

Bayi dapat mulai mengkonsumsi berbagai macam ikan sejak usianya sekitar 6 bulan atau ketika bayi sudah mulai mengkonsumsi berbagai macam makanan padat. Pilihlah ikan yang memiliki kandungan banyak  minyak, seperti halnya pada ikan tuna, salmon,dan sarden.  Untuk salah satu ikan yang paling sering direkomendasikan adalah ikan salmon yang mana ikan ini memiliki kandungan merkuri yang lebih rendang dibandingkan dengan yang lainnya.

Itulah beberapa manfaat baik mengkonsumsi ikan untuk anak. Semoga bermanfaat

www.ruthjetti.com

0 Response to Manfaat Baik Mengkonsumsi Ikan Untuk Anak Sejak Dini

Posting Komentar