4 Makanan untuk Mencegah Perut Kembung yang Paling Ampuh

Makanan untuk Mencegah Perut Kembung yang Paling Ampuh - Perut kembung memang terasa sangat tidak nyaman sekali. Mau duduk tak enak berdiri pun juga rasanya sangat tidak nyaman. Perut akan terasa penuh sesak bahkan terasa seperti buncit. Terkadang perut kembung ini juga di sertai dengan rasa sakit yang membuat semua aktivitas menjadi terganggu. Karena itulah Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mencegah terjadinya perut kembung yang sangat mengganggu ini.

4 Makanan Untuk Mencegah Perut Kembung Yang Paling Ampuh

Perut kembung bisa di sebabkan oleh banyak faktor. Makan makanan yang pedas, atau minum kopi saat perut dalam keadaan kosong adalah penyebab paling umum perut kembung yang sering sekali di lakukan oleh banyak orang. Selain itu minuman bersoda dan beralkohol, makanan yang terlalu asin, berminyak dan berlemak juga dapat menyebabkan terjadinya perut kembung. Jenis makanan dan minuman ini dapat memicu produksi gas berlebih yang membuat lambung menjadi kembung, selain itu makanan jenis ini juga dapat memicu melambatnya pengosongan pada lambung dan usus.
Memang terkadang makanan dan minuman seperti itu tidak selamanya bisa di hindari. Dalam keadaan tertentu semisal menghadiri acara pesta atau undangan makan malam mau tidak mau Anda akan bertemu dengan berbagai menu makanan yang dapat memicu terjadinya perut kembung. Yang dapat Anda lakukan adalah dengan menetralisir lambung Anda dengan 4 jenis makanan berikut ini:

1. Pepaya

Pepaya kaya akan enzim yang berkhasiat untuk memperbaiki dan memperlancar pencernaan manusia. Di dalam pepaya juga terdapat kandungan serat yang tinggi yang dapat membersihkan lemak dan minyak dalam perut yang memicu terjadinya kembung. Caranya adalah dengan mengonsumsi segelas jus pepaya murni setiap kali Anda merasakan kembung. Anda juga bisa memakannya dengan cara di potong kecil-kecil kemudian tambahkan sedikit yoghurt tawar.

2. Yoghurt

Yoghurt telah terkenal khasiat dan manfaatnya untuk melancarkan pencernaan. Bakteri baik di dalam yoghurt berfungsi untuk membantu kerja usus dalam mencerna makanan yang masuk. Namun Anda harus pastikan bahwa yoghurt yang Anda pakai untuk mengatasi perut kembung adalah yoghurt dengan bakteri baik yang masih aktif di dalamnya. Yoghurt yang paling baik untuk mengatasi kembung adalah jenis yoghurt tawar organik tanpa campuran buah. Jika Anda tidak suka dengan rasa hambarnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu di atasnya.

2. Asparagus

Asparagus adalah sayuran sehat yang memiliki khasiat probiotik. Asparagus terbukti cukup ampuh untuk mengatasi kembung. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi produksi gas yang terjadi dalam lambung kemudian mengeluarkannya. Asparagus juga mengandung senyawa yang bersifat diuretik untuk membantu mengeluarkan kelebihan air dalam perut. Anda bisa memakan asparagus sebagai sayuran atau lalap.

4. Oatmeal

Makanan terakhir yang dapat mengatasi perut kembung adalah oatmeal. Oatmeal biasanya di makan pada saat sarapan. Kandungan seratnya yang tinggi membuat perut terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu oatmeal juga dapat menahan produksi gas yang terjadi di dalam lambung sehingga perut akan terasa lebih lega. Anda bisa mengonsumsi oatmeal dengan cara di campurkan dengan segelas susu hangat.


Itulah 4 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meredakan dan mencegah kembung yang sering kali menyerang di waktu-waktu yang tidak tepat. Selain mengikuti tips yang telah kami berikan di atas, Anda juga harus memperbaiki pola makan Anda yang kurang sehat demi menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang.
Selamat mencoba.

www.ruthjetti.com

0 Response to 4 Makanan untuk Mencegah Perut Kembung yang Paling Ampuh

Posting Komentar